Subtitle yang sering digunakan adalah yang berjenis file srt. File ini dibuat dengan program editor notepad. Jika kita membuka file srt ini dengan notepad maka akan terlihat tulisan-tulisan dan waktu. Tulisan tersebut yang akan ditampilkan pada film dan waktu2 itu menunjukkan pada menit dan detik ke berapa kalimat-kalimat pada subtitle akan ditampilkan. Kita dapat mengeditnya secara manual untuk mengganti bahasa ataupun waktunya.

Ketika kita mendownload file subtitle, terkadang file masih berupa file rar atau zip. Untuk itu file tersebut harus diekstrak terlebih dahulu agar file tersebut kembali ke bentuk semula yaitu file srt. Untuk mengekstraknya dapat digunakan program winrar. Setelah itu baru ikuti langkah -langkah di bawah ini agar subtitle dapat tampil pada film yang kita tonton.
  • Pindahkan file film dan subtitlenya ke dalam satu folder. Nama film dan subtitlenya harus sama. Misalkan filmnya berjudul Hancock.avi, maka subtitlenya = Hancock.srt.
  • Kemudian putar filmnya maka otomatis subtitle akan tampil. Media Player yang direkomendasikan untuk memutar film adalah VLC Media Player
Namun terkadang dengan cara di atas, subtitle tetap saja tidak muncul meskipun nama film dan subtitle sudah disamakan dan diletakkan dalam satu folder. Untuk itu masukkan subtitle secara menual. Di bawah ini akan diberikan contoh memasukkan subtitle secara manual dengan VLC Media Player sebagai pemutar filmnya.

  • Putar filmnya dengan menggunakan VLC Media Player.
  • Untuk memasukkan subtitle secara manual, Klik menu Video, pilih Subtitle Track, lalu pilih Load File. Browse ke tempat file subtitle tersebut berada.
  • Kalau sudah ketemu pilih dan klik OK.

0 komentar:

Poskan Komentar